Paduan Suara SMAN 1 Sungai penuh Tampil Di Acara Pramuka Kwarda Jambi Di Sungai Penuh

Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus (Kamabida Gerakan Pramuka Jambi) memimpin Apel Besar Hari Pramuka Ke-53 tingkat Kwarda Jambi di Sungai Penuh


             Gubernur menyatakan, dengan semakin beratnya tantangan yang dihadapi Indonesia seiring dengan kemajuan zaman, pendidikan kepramukaan sebagai salah satu pilar pendidikan kaum muda Indonesia, dituntut untuk dapat lebih berkontribusi secara nyata dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk dalam menyelesaikan masalah kaum muda.

Gubernur berharap agar Pramuka turut membangun manusia atau pemuda cerdas yang menguasai ilmu pengetahuan dan juga memiliki kepribadian yang tagguh dan menjunjung kesatuan dan persatuan di Indonesia.

             Gubernur menjelaskan, saat ini, kaum muda dihadapkan pada dua masalah besar, yang berkaitan dengan masalah sosial dan masalah kebangsaan. Masalah sosial meliputi penggunaan NAPZA dan obat terlarang, hubungan seksual pra nikah dan aborsi yang disebabkan pergaulan bebas, perkelahian, tawuran, dan kekerasan, serta kriminalitas remaja. Sedangkan masalah kebangsaan meliputi antara lain solidarita sosial rendah, semangat kebangsaan rendah, semangat bela negara rendah, dan semangat persatuan dan kesatuan rendah.

             Gubernur menuturkan, dalam kurun satu dasawarsa dapat dicatat 3 momen penting dalam perkembangan Gerakan Pramuka di Indonesia, yaitu: Pertama, Presiden RI telah mencanangkan kembali Revitalisasi Pramuka pada Hari Pramuka Tahun 2006 yang saat ini tampak keberhasilannya dengan semakin maraknya kegiatan kepramukaan di berbagai daerah. Kedua, Terbitnya Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka yang memperkuat Gerakan Pramuka Indonesia. Ketiga, masuknya pendidikan kepramukaan kedalam Kurikulum 2013 sebagai ekstrakurikuler wajib yang mulai diberlakukan pada bulan Juli 2014.

            Gubernur juga mengungkapkan, pendidikan kepramukaan telah dibaharui dengan adanya kurikulum baru Pramuka, dimana akreditasi gugus depan serta sertifikasi dan lisensi para Pembina juga telah berhasil disusun, dan mulai tahun 2015 harus mulai menerapkan akreditasi gugus depan secara menyeluruh.

Gubernur mengatakan, tema Hari Pramuka ke-53 ini adalah "Mantapkan Pembentukan Karakter Kaum Muda melalui Gugus Depan Terakreditasi."

            Pada kesempatan tersebut, Gubernur menyematkan tanda penghargaan Lencana Darma Bakti kepada 8 orang pengurus Gerakan Pramuka, baik pengurus tingkat Provinsi Jambi maupun tingkat kabupaten/kota se Provinsi Jambi, dan Lencana Panca Warsa serta Pramuka Garuda kepada 10 orang kader Pramuka Kabubaten/Kota se Provinsi Jambi.

            Kepala Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jambi, Sutrisno, dalam sambutannya menyampaikan, dalam peringatan HUT ke-53 Gerakan Pramuka Tingkat Nasional RI, Kepala Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Sungai Penuh, Prof.Dr. H.Asafri Jaya Bakri memperoleh penghargaan Lencana Melati.

Sutrisno mengungkapkan, Gerakan Pramuka Kwarda Jambi telah berusaha melakukan perbaikan dan pembenahan demi kemajuan Gerakan Pramuka Kwarda Jambi, diantaranya dengan perampingan pengurus, dari 120 orang menjadi 36 orang.

           Selain itu, lanjut Sutrisno, Gerakan Pramuka Kwarda Jambi telah melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, supaya membuat surat ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi, agar di tiap-tiap sekolah mulai bulan depan dilakukan perkemahan Pramuka Sabtu Minggu.

Walikota Sungai Penuh, Prof. Dr.H.Asafri Jaya Bakri, dalam sambutannya menyatakan bahwa penekanan Gerakan Pramuka adalah pada penanaman budi pekerti yang baik.

Asafri Jaya Bakri berharap agar Gerakan Pramuka tidak tergerus oleh zaman, tetapi senantiasa terus berkontribusi dalam terciptanya generasi muda yang berkualitas.

           Penampilan 150 orang anak-anak Pramuka yang membawakan beberapa lagu daerah Indonesia, yakni Rasa Sayange, Ampar-ampar Pisang, atraksi marching band dari SMP N 2 Kota Sungai Penuh, penampilan Tari Rentak Pesako, dan penampilan-penampilan lainnya dari anak-anak Pramuka memeriahkan acara tersebut.

        Gubernur Jambi selaku Kepala Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Kambi mengemukakan bahwa Gerakan Pramuka masih dan tetap relevan dengan perkembangan zaman. Hal tersebut dikutip dari sambutan tertulis Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, DR. H. Adhyaksa Dault, M.Si, yang disampaikan oleh Gubernur dalam Apel Besar Hari ke-53 Gerakan Pramuka Tahun 2014 Tingkat Provinsi Jambi, bertempat di Lapangan Merdeka, Kota Sungai Penuh, Rabu (27/8) siang.
Sumber : Biro Humas dan Protokol ( 27/8)
gambar lainnya yang berhasil kami abadikan 
Penulis  : Ronal Saifulloh Fitri


Share this post :

Posting Komentar

 
Admin : Ronal | Yoseph | Dedek
Copyright © 2013. OSIS SMA Negeri 1 Sungai Penuh - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by TB-Press
Proudly powered by TB Indonesia